Sabtu, 11 Februari 2017

Cara Mengganti Template Blog dan Menu Navigation


Sumber: google.com

Cara Mengganti Template Blog dan Menu Navigation – Karna banyak dari teman-teman saya bertanya gimana sih cara mengubah tampilan/template blog, Nah disini saya akan memberikan sedikit tutorialnya dalam bentuk gambar screenshot saja dan juga Tutorial mengganti nama menu, karna umumnya template yang kita download dan pasang akan ada menu navigation-nya seperti misalkan milik saya: Home, Blog, Android, Teknologi, Hiburan. Dan juga mempunya form Search untuk mencari artikel lama yang ada diblog saya, oke langsung saja untuk yang pertama.

Baca Juga: Alasan kenapa harus ganti template

Anda terlebih dahulu harus mempunyai file templatenya, Kumpulan Template SEO & Responsive
Jika sudah, umumnya file template suatu blog akan berformat .xml jadi anda tinggal upload saja, cara menguploadnya.



Anda masuk ke dashboard blogger anda, nah silahkan lihat disitu banyak menu kan seperti Pos, Statistik, dll. Sekarang kalian klik bagian template. Anda akan melihat tampilan seperti diatas, nah dari blogger sendiri memang sudah disediakan template tapi rasanya gak enak diliat aja ya, gak rapih gitu loh.



Nah sekarang anda liat dipojok kanan atas itu ada tulisan Cadangkan/Pulihkan klik saja tombol itu.


Sekarang keluar bagian pop up yang isinya unggah dan unduh template atau upload dan download template (sesuai bahasa dashboard blogger anda) jika unduh template maka anda akan mendownload template anda sendiri atau bisa dikatakan mem-backup template anda, sedangkan upload anda akan meng-upload template yang sudah anda download tadi.Setelah anda klik choose file, anda pilih template yang anda download tadi, setelah itu anda hanya tinggal mengklik button upload. Dan template anda sudah berganti.

Belum selesai sampai disini… Cara mengganti menu navigasinya
Nah kan pastinya kalo anda upload template yang didownload tadi, anda bakal ngeliat di-header blog anda ada menu seperti Home, dll. Jangan bingung untuk mengganti atau menghapusnya.

Masih dibagain Template dashboard blog


Klik saja bagian Edit HTML, Kelihatan bukan kode-kode yang lumayan susah dibaca, itu adalah teks yang menjadi tampilan template anda. Terus gimana cara nemuin menu navigationnya?


Gampang kok anda klik saja kebagian teks-teks manja itu, lalu tekan CTRL+F. Nah umumnya disetiap template pasti ada nama menu yang seperti Teknologi, Hiburan, dll. Itu sebenarnya bisa memudahkan kita menemukan dimana letak tempat untuk mengedit menu navigasi ini. Coba saja jika blog saya ada menu Hiburan, saya tinggal mencari tulisan Hiburan terus enter.
Nah ketemu seperti gambar diatas, trus gimana lagi biar keganti? Link diganti dengan link yang akan dituju ketika diklik, Nama atau Title bebas diganti sesuai selera.  Jika itu menu-nya dropdown atau untuk contohnya arahkan kursor anda ke menu Blog diblog saya, maka aka ada beberapa menu yang ada dibawahnya. Anda bebas untuk menghapusnya atau bisa menggantinya menjadi menu yang anda inginkan, pertama anda ganti saja nama tampilan menunya terlebih dahulu, setelah itu link yang akan dituju jika menu itu diklik (jika blog anda mempunyai label/kategori postingan seperti Teknologi, Hiburan, dll. Anda hanya tinggal mengambil link tersebut dari widget label/kategori anda.


Setelah kalian mengedit-edit templatenya silahkan simpan template dan kembali ke dashboard blogger kalian, dan sekarang silahkan lihat blog kalian menu navigasinya sudah berganti.

Begitulah cara mengganti template dan mengedit sebagian dari template, jika ada pertanyaan anda bisa tanyakan ke Contact Me. Untuk template blog sebenarnya sudah banyak digoogle tinggal cari saja template blog yang gratis atau pun bayar sama saja hanya beda fitur yang diberikan. Baiklah terimakasih telah membaca postingan ini semoga bermanfaat, jangan lupa komentar dan follow blog ini untuk informasi selanjutnya. Sankyuuu~

Related Posts

Cara Mengganti Template Blog dan Menu Navigation
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.